Senin, 31 Agustus 2009

Tips merawat gitar

Tips merawat gitar

1. Rumah gitar. pastikan gitar anda memiliki rumah untuk melindunginya dari udara kotor diluar atau dari benturan. Baik dalam softcase atau hardcase. Pastikan gitar anda berada dalam case jika sedang tidak dimainkan.

2. Bersihkan Gitar. Bukan hanya kita yang perlu mandi atau dibersihkan, tapi giter juga. bukan berarti disiram air lalu diberi sabun, yang ada gitar kamu malah gak berbunyi lagi... cara membersihkan cukup dengan mengelapkan kaos atau yang lainnya baik di body, neck, fret, apalagi bagian dibawah pickup dibawah senar yang sulit dibersihkan (bisa menggunakan kuas) bila perlu gunakan cairan guitar polish. Yang penting habis main langsung dibersihkan.

3. Senar. Sebaiknya senar gitar diganti minimal 2 bulan sekali agar warna suara gitar tetap terjaga. jangan sampai senar yang udah berkarat masih kamu pertahanin. tentu selain suaranya tidak karuan, jari pun terasa sakit saat memainkannya. jika ada salah satu tali gitar yang putus, sebaiknya semuanya diganti. memang biayanya lebih besar, tetapi suara gitar tentu lebih maksimal.

4. Bersihkan fretboard.ini merupakan tempat bersarangnya daki dan keringat saat kita memainkan gitar. dan jika bagian fretboard ini tidak dibersihkan , maka kotoran tersebut akan menjadi kerak. Paling enggak seminggu sekali anda melepaskan senar gitar kamu dan membersihkan fretboardnya. (Eric)
Load disqus comments

0 komentar