Rabu, 05 Agustus 2009

Pengertian Hibernate dan Stand by pada Komputer

Komputer dalam keadaan mati bukan berarti tidak mengkonsumsi listrik. Tetap butuh listrik tapi sangat sedikit. Untuk stand by kurang lebih memakan daya 5W, sedangkan untuk hibernate sekitar 3W...CMIIW. Dan komputer dalam keadaan mati juga membutuhkan daya listrik yang kurang lebihnya sama (kecuali jika kabel dicabut). Kelebihan dari stand by/hibernate adalah, saat menyalakan kembali, keadaan komputer masih sama persis seperti saat terakhir kita tinggalkan. Jadi kalo masih ada file word dan winamp yang masih terbuka, ya waktu kita nyalakan kembali dia akan tetap dalam keadaan terbuka seperti terakhir kita tinggal.


1. Stand By berarti komputer dalam keadaan "mati suri". stand by dibedakan menjadi 2 : S1 (komputer mati tapi fan masih menyala) dan S3 (Komputer benar2 dalam keadaan seperti mati). Pengaturan S1 dan S3 bisa dilakukan via BIOS. Nah kelamahan Stand by adalah, keadaan komputer disimpan dalam RAM, sehingga bila selama stand by aliran listrik ke komputer terputus (misal: mati lampu), maka komputer akan mati dalam keadaan tanpa di shut down, dan pekerjaan yang masih kita tinggalkan juga akan tertutup seperti jika komputer dimatikan.

2. Hibernate; hampir sama dengan Stand By S3. Bedanya adalah, meskipun pasokan listrik terputus, setting komputer terakhir akan tetap tersimpan. Jadi pekerjaan yang masih kita tinggalkan akan tetap dalam keadaan terakhir kita tinggalkan. Konsekuensinya adalah, kita membutuhkan ruang dalam hard disk seukuran dengan ukuran RAM yang terpasang untuk menyimpan keadaan komputer terakhir.

Nah ada cara untuk setting stand by/hibernate otomatis bila komputer dalam keadaan idle/nganggur. Kan sering tu kita lagi ngetik trus ditinggal pergi trus lupa balik lagi, ato lagi lebur tugas trus ketiduran. Ini cara buat set komputer otomatis stand by/hibernate :

1. Klik kanan di desktop
2. Pilih tab properties
3. Pilih screen saver trus klik opsi Power
4. Tinggal pilih deh ada beberapa pilihan.
- Turn off monitor after...minutes
- Turn off hard disk after ...minutes
- Stand by after ...minutes
- Hibernate after ...minutes <<>>

Nah kalo mau manual lebih gampang lagi. Tinggal klik turn off computer/Alt+F4, trus stand by ada di paling kiri. Kalo mau hibernate, tekan shift dan tombol stand by akan berubah jadi hibernate, tapi inget hibernate harus aktif dulu.

Pasti uda banyak yang tahu ya...tapi semoga membantu buat yang belum tahu...^^

Sumber
Load disqus comments

0 komentar