Jumat, 05 Juni 2009

Pengumuman Hasil Ujian Nasional 2009

Hasil Ujan Nasional 2009 merupakan moment yang sangat mendebarkan bagi pelajar Kelas 3 baik SMA maupun SMP serta Pelajar Kelas 6 SD. Setiap Tahun angka atau skor minimal yang harus dicapai para pelajar semakin tinggi serta tingkatan kesulitan soal juga semakin Tinggi. Bisakah para pelajar melewati hal tersebut? Jawabannya ada pada diri mereka masing-masing.

Sebenarnya saya sebagai pelajar tidak begitu setuju dengan sistematis UN. Selama 3 Tahun kita belajar di sekolah (SMA atau SMP) dan hanya ditentukan oleh beberapa jam aktif saja (5 Hari UN). Okelah kalau pemerintah mengatakan bahwa UN untuk menciptakan pelajar yang unggul.
dengan diadakannya Ujian mampu memacu semangat belajar sehingga menciptakan SDM indonesia yang Unggul. Tapi mungkin ada beberapa hal yang tidak disadari pemerintah. Saat kita mengikuti UN dan ternyata gagal, maka membuat pelajar tersebut kecewa. Dan kegagalan tidak selamanya karena Faktor pelajar tersebut yang kurang belajar atau tidak pintar, Tetapi banyak faktor lain yang tanpa kita sadari juga menjadi faktor penghambat keberhasilan pelajar seperti kesehatan, emosi, masalah keluarga, beban fikiran dan sebagainya.

Sebaliknya, Saat kita berhasil Mengikuti UN dan LULUS, apakah kita Langsung dan pasti diterima di tempat kuliah?? Jawabannya tidak. Walaupun kita sudah memegang ijazah, tetapi saat mendaftar kuliah kita tetap di tes lagi plus kemampuan ekonomi (ada beberapa universitas yang memilih mahasiswa kaya tapi gak pinter banget daripada mahasiswa pintar tapi miskin).

Nah,, itulah pemikiran pro kontra antara pelajar dan pemerintah terhadap UJian Nasional.
Load disqus comments

13 komentar